20 November 2012

RB450G Net Install

Kasus: Lupa password & sekaligus ingin upgrade version pada board.

Tool yang digunakan pada saat upgrade:
1. Netinstall 4.17
2. routeros-mipsbe v5.19
3. RB 450G & Kabel UTP tentunya

Langkah:
1. Jalankan aplikasi Netinstall, saat dijalankan pertama kali, akan menampilkan isi disk pada Notebook/PC.



2.Kemudian aktifkan Boot Server pada NetInstall dan alokasikan IP Address untuk RB450G.



3.  Sambungkan kabel dari notebook ke ether1 pada RB450G, tekan dan tahan tombol reset yang ada di sebelah power jack sekitar 15 - 20 detik, setelah tombol reset dilepas maka RB akan restart dan pada netinstall muncul 1 disk baru dengan nama "nstreme" seperti pada gambar di bawah. Jika "nstreme" tidak muncul, ulangi kembali proses reset pada point 3 ini.


 4. Klik pada nstreme, dan lakukan pemilihan (browse) direktori tempat di mana file routeros-mipsbe v5.19 berada. Lalu klik install. Pada tahap ini disk RB450G akan diinstall dengan software yang baru, sampai akhirnya nanti menampilkan pesan "waiting for reboot", saat pesan ini muncul, klik menu "reboot" yang ada pada netinstall.


5. Setelah reboot, maka RB450G sudah bisa diakses dengan login default dan OS versi barunya V5.19.



Mungkin pada saat anda mencoba install akan mendapatkan hal yang berbeda dengan penjelasan di atas, hal ini bisa disebabkan beberapa faktor, seperti versi netinstall dan hal-hal lainnya yang mungkin kurang lengkap, jangan pusing, tidak ada yang sulit, dengan eksplorasi sedikit, semua bisa selesai tuntas.

Semoga bisa bermanfaat bagi siapa saja :)

Note:
Hari ini 30 Maret 2014, saat mencoba upgrade RB450G dengan net-install, mengalami kegagalan dimana RB450G tidak tampil pada aplikasi net-install saat melakukan langkah nomor 3 di atas. Namun bisa solve setelah mencoba langkah-langkah di atas dengan notebook yang lain.
So, jangan pusing saat gagal dalam net-install, coba dengan notebook yang lain apabila ada indikasi seperti yang saya alami baru saja.

;)

No comments:

Post a Comment

seperti yang kalian tau ya begitulah... seperti yang kalian lihat ya itulah adanya... seperti yang kalian kenal ya demikianlah kesimpulannya...