06 June 2012

Lenovo B460 Tidak Bisa Wifi (Chipset Atheros AR9285)

Hardware:
Laptop Lenovo B460
OS: Windows 7 Professional
Kasus:
Setelah menjalankan live CD Backtrack 5, wireless tidak bisa scan access point sama sekali.
Akhirnya, install Backtrack 5 pada partisi baru.
Booting kembali ke windows, ternyata wireless masih tidak bisa scan, re-install driver sama sekali tidak ada perubahan.

Solusi (Solved):
Booting ke Backtrack, via console saya ketik perintah berikut:

1. #rfkill list all

Ada beberapa baris yang muncul, dan di dua baris terakhir menunjukkan:
phy: xxxxxxxxxxxxxxxx (saya tidak sempat capture)
soft blocked : yes
hard blocked : yes

Yang mengartikan bahwa hardware diblok oleh sistem, kemudian masih di console:

2. #nano /etc/modprobe.d/blacklist.conf

Saya tambahkan pada baris paling bawah:
blacklist acer-wmi
Lalu kemudian save.

3. Pada console, saya ketik:
#rfkill unblock all
#rfkill list all

Muncul perubahan menjadi unblock, di dua baris terakhir sbb:
phy: xxxxxxxxxxxxxxxx (saya tidak sempat capture)
soft blocked : no
hard blocked : no

4. #reboot

Dan saya langsung booting ke windows, akhirnya wireless kembali berfungsi normal.. horayy...

Kesimpulan:
Ada conflict driver pada sistem, yang menyebabkan fungsi wifi diblok.

Demikian, semoga bermanfaat.
Thx for Ask Ubuntu & absolutely GooGle

3 comments:

  1. bisakah kasih step by step nya? gak familiar dan gak ngerti dg ulasan diatas... Maklum, gak pernah oprek oprek... kl bisa email ke wawat.admiral@gmail.com.. thaks sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. step nya ada 4 seperti yang terlihat di atas om

      Delete
  2. ikut nyimak gan

    kejadian sama persis dgn unit b460 yg sya punya ini

    bisa email ke alfarabbymarxy@gmail.com penjlsan detailx soalx gagal paham

    ReplyDelete

seperti yang kalian tau ya begitulah... seperti yang kalian lihat ya itulah adanya... seperti yang kalian kenal ya demikianlah kesimpulannya...