29 June 2012

Ubah ekstensi .REM Blackberry ke .JPG

Device:
Blackberry Smartphone 9650 with OS 6

Kasus:
- File yang dipindahkan dari "Media Card" ke Notebook, tidak bisa dibuka.
- Hal ini disebabkan semua file mempunya ekstensi ".jpg.rem"

Penjelasan:
Ekstensi ".jpg.rem" merupakan ekstensi file yang terenkripsi oleh Blackberry. Di mana file ini hanya bisa dibuka di Blackberry, atau di PC dengan 3rd party software. Agar file dapat dilihat di PC, maka file tersebut harus dikembalikan dalam format ".jpg".

Solusi:
Untuk merubah "jpg.rem" ke "jpg".
1. Melalui Option > Security > Encryption
2. Pada "Media Card", hapus tanda centang pada "Encrypt" --> Save
3. Blackberry akan meminta password untuk "save" konfigurasi --> Input Password --> OK.
4. Ekstensi file sudah dapat diubah dengan "rename".

Semoga bermanfaat.

21 comments:

  1. Thz gan..
    membantu bgt.
    karan Punya gua Td nya jpg.rem,..
    sekaran uda bisa d ubah..

    tfr

    ReplyDelete
  2. Saya sudah coba tetep tidak bisa gan
    Ada cra lain g?
    Q kirim ke email jg gk bisa gan?






    ReplyDelete
  3. @Muh.Ridwan: hmm.. seharusnya bisa jalan dengan mulus gan. OS nya versi 6 kan gan? Kalau versi lain, mungkin agak sedikit berbeda.

    ReplyDelete
  4. saya pernah ganti bb (curve), sebelum ganti saya back up ke pc (tanpa soft ware pc untuk bb) na pas saya copy lg ke bb yang baru (dakota), tp semua dalam format rem, mamasih bisa tertolong kah ak punya file um...? say sudha coba cara diatas tp ga mempan semua :(

    ReplyDelete
  5. oh, uda ganti device ya. Mungkin bisa dilakukan dengan software. Coba baca ini, mungkin bisa membantu. http://ww*.blackberryforums.com/general-8100-series-discussion-pearl/92924-pictures-jpg-rem.html

    Kalau masih ga bisa, kirim aja 1 file ke saya (jgn foto2 aneh), biar tak coba bantu-bantu.

    ReplyDelete
  6. bro, kalau foto baru setelah dirubah udah jadi jpg, tapi foto lama bagaimana merubahnya..

    ReplyDelete
  7. kapture aja,
    backup aja pakai bb user tool buat PCnya,

    ReplyDelete
  8. @lee: iya, untuk merubah foto lama, tinggal diikuti langkah ke 4 pada penjelesan di atas yaitu "rename".
    Langkahnya:
    - Klik foto yang masih ekstension.rem
    - Klik tombol logo "BB"
    - Rename
    - Gantilah nama filenya dengan ekstension baru, jpg.

    Semoga membantu

    @rahmaarif: iya, bisa jadi alternatif solusi.

    ReplyDelete
  9. foto2 lama saya masih gbisa dibuka padahal smw cara udah diikutin , gmn dong ? krn d ftonya sudah jpg tp klo d pc dy ttep jpg.rem

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mestinya kalau sudah direname dan berhasil jadi .jpg, saat dipindahkan ke pc juga akan .jpg.

      Delete
  10. saya pake gemini trus fotonya kerubah jd format REM semua,lalu saya copy ke email saya trus fotonya saya hapus semua dari bb,
    apa fotonya masih bisa kebuka?baik via pc/bb?
    caranya gimna?sayang bgt fotonya soalnya waktu liburan ke bengkulu,thx
    reply ke email saya yah klw bisa,hhe
    timeboss_oce@yahoo.com

    ReplyDelete
  11. bisa tolong bantuin satu foto saya aja gk gan ? udah saya coba tapi gak bisa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cb kirim satu fotonya gan, sy cb dl

      Delete
    2. ane blm sempat coba gan, ga ada teman yang pakai BB.. coba pindahkan filenya ke BB teman agan untuk lepas encryptnya..

      Delete
  12. jadi tinggal copy lagi ke BB trus encrypt nya dihilangkan dan pas copy ke laptop lagi udah langsung bisa dibuka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyap beetul sekali, tapi belum pernah coba apa bisa kalau filenya dipindah dulu ke BB yang lain untuk melepas encryptnya

      Delete
  13. kalau BB 10 gimana ya? ini ada masalah SD Card saya, sebagian file tidak bisa d buka karena (lupa) masih encrypted pas Reload OS. mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bb10 blm pernah coba sih.
      Coba dicari yg kira2 mengarah utk merename file yg terencrypt. Dari "jpg.rem" direname jadi ".jpg"

      Delete
  14. Hi kak. Maaf saya berharap blog ini msh kk buka.
    Saya punya masalah di BB , torch 9800 OS 6. Awalnya saya service, lalu karna sblmnya saya berikan password dan lupa makanya di reset semua.
    Namun foto2ny masih tersisa, sayangnya tdk bisa dibuka. Dan sblm itu semua galery saya pindahkan ke laptop, tapi Ext .rem.
    Saya sdh coba utk nonaktifkan encrypt, rename dsb tapi ga berhZil. direname muncul pesan error' decrypting header. Gimana ya ka

    ReplyDelete

seperti yang kalian tau ya begitulah... seperti yang kalian lihat ya itulah adanya... seperti yang kalian kenal ya demikianlah kesimpulannya...